Cerita Dongeng Anak Singa dan Tikus

Assalamu'alaikum warahmatullah, Apakah mungkin tikus yang begitu kecil mampu menolong singa sang raja hutan?, semuanya tidak ada yang tidak mungkin sebagai contoh cerita dongeng yang akan kami hadirkan berikut ini.

Matahari bersinar hangat kadang kadang tertutup awan, bunga-bunga bergoyang dengan lembut, bayangan dari daun-daun pohon kian indah di bawah tanah hutan. Saat semua binatang berbaring tidur siang dengan nyenyak membuat keadaan menjadi sepi, kecuali seekor tikus yang menggoyang-goyangkan kumisnya dan bermain-main dengan bayangan pepohonan. Dia lari kesana kemari dengan riang sambil menikmati cuaca hangat dan tiupan angin.

Saking senangnya dia bermain secara tak sengaja dia menabrak seekor singa besar yang sedang berbaring malas di bawah pohon. Tikus tersebut sebetulnya tidak tahu kalau yang dia tabrak itu sang singa karena badannya yang berwarna seperti pohon. Dia baru tersadar setelah dia melewati hidung sang Singa dan merasakan hangatnya hembusan nafas yang keluar dari hidung sang singa.

Si terbangun karena hidungnya terasa gatal. Dia membuka satu matanya dan melihat seekor tikus abu abu di depan hidungnya, lalu ... HAP! Dengan secepat kilat cakarnya menjepit ekor si tikus.

Si tikus mencicit dengan penuh rasa takut sambil berkata, 'Jangan! Jangan wahai Raja Hutan! Kasihanilah aku!' Dia berusaha melepaskan ekornya dari cengkeraman cakar sang Singa dengan segenap tenaganya. Tapi sayangnya dia tidak bisa melepaskannya dan ketika sang Singa mengaum keras seperti halilintar, tubuh si tikus bergetar ketakutan.

'Jangan! Jangan! si Tikus gemetaran, Jangan wahai Raja! Kasihanilah aku. Lepaskanlah cakarmu dan biarkan aku pergi.' Kata si tikus.
Ilustrasi Singa Sang Raja Hutan +Flickr 

Tapi sang Singa malah meneriakinya lebih keras lagi dengan aumannya. Si Tikus mengumpulkan seluruh keberaniannya lalu mencoba membujuk, 'Tentunya anda sang Raja Hutan tidak mau mengotori cakarnya dengan darah tikus yang tidak berguna ini. Mohon lepaskanlah aku!'

Dan sang Singa menekan ekor sang tikus sedikit lebih keras dengan cakarnya.'Oh Raja! Jika engkau berkenan melepaskanku, suatu hari nanti aku akan menolongmu!'
Sang Raja Hutan merasa lucu mendengar perkataan dari si tikus yang satu ini tertawa terbahak-bahak meremehkan. Dia melepaskan cengkeramannya dan membiarkan si Tikus pergi melarikan diri.

Beberapa minggu kemudian, si Tikus yang sedang berjalan jalan di hutan mendengar suara auman membahana dari ujung hutan lainnya. Dia mencari asal suara itu dan dia menemukan sahabatnya sang Singa terperangkap di dalam jaring pemburu. Sekarang sang Raja Hutan yang berguling-guling berusaha melepaskan diri dari perangkap, tetapi semakin keras dia berusaha, jeratnya semakin kencang.

Si Tikus segera menyadari apa yang terjadi dan dengan cepat dia menggigiti jaring, dan tak lama kemudian sang Raja Hutan telah bebas.

'Taukah anda jika kebaikan pasti akan dibalas kebaikan,' kata si tikus sambil tersenyum sambil lari bermain lagi berkejaran dengan bayangannya.


Kita dapat memetik berbagai pelajaran dari cerita ini karena si tukus yang kecil seperti itu saja bisa berguna bagi yang lain dalam keadaan tertentu jadi percaya dirilah dengan diri sendiri pasti kita akan membuat banyak kebaikan, jangan lupa juga untuk membaca Cerita Dongeng Anak Keluhan Sang Anak, yang berpesan kebaikan dan kesabaran pasti membuahkan hasil.

Pesan dari cerita Dongeng Anak ini adalah : seperti kata si Tikus, perbuatan baik akan dibalas dengan kebaikan, entah itu dari orang yang kita tolong atau datang dari orang lain.

Dongeng Lainnya . . . .

0 Response to "Cerita Dongeng Anak Singa dan Tikus"

Posting Komentar