Cerita Dongeng Anak Ayah dan Keledai

Assalamu'alaikum warahmatullah, kali ini kita akan menceritakan dongeng yang cukup inspiratif untuk membuat sang anak tetap fokus pada satu tujuan yang akan di ambilnya tidak perlu goyah ketika melihat yang lainnya berhasil duluan atau goyah dengan perkataan orang lain jika tujuan kita adalah sesuatu yang mulia, seperti pepatah 'ada banyak jalan menuju ke roma' tinggal kita menempuh jalan yang mana, dan langsung saja kita mulai ceritanya.

Ilustrasi Anak, Ayah dan Keledai +Flickr 
Seorang ayah dan anaknya pergi ke suatu pasar untuk menjual seekor keledai. Karena perjalanannya lumayan jauh sang ayah dan anak tersebut naik keledai secara bersama-sama, ketika mereka sampai pada suatu daerah yang ramai orang. Ada seseorang di tempat itu kemudian berkata, 'Malang sekali nasib keledai itu, tubuhnya yang kecil di kendarai oleh dua orang sekaligus'.

Mendengar perkataan itu, sang ayah kemudian turun sedangkan anaknya mengendarai keledai dengan di tuntun ayahnya. Sehabis itu mereka kemudian berjalan lagi, sampai bertemu kerumunan orang lagi. Salah satu diantara kerumunan orang itu kemudian berkata, 'Tega sekali anak itu, membiarkan ayahnya berjalan di siang hari yang panas sedang dia naik keledai'.

Mendengar perkataan itu, bergantian si anak bergegas turun dan meminta ayahnya untuk naik ke atas punggung keledai. Mereka pun kembali melanjutkan perjalanan sampai bertemu gerombolan orang berikutnya, dan salah seorang diantara mereka kembali berkata, 'Betapa teganya ayahnya itu, membiarkan anaknya jalan kaki sedangkan dia naik keledai'.

Mendengar orang tersebut, sang ayah memutuskan turun dan menemani anaknya berjalan kaki seraya menuntun keledainya.
Ketika mendekati pasar, mereka kembali melihat seseorang dan orang itu juga ikut berkata, 'Mengapa kalian berdua tidak menaiki keledai itu, untuk apa kalian jalan kaki jika ada keledai?'. (Tamat)


Serba repot bukan kalau kita mendengarkan semua perkataan orang, padahal kita melakukan yang terbaik untuk orang yang kita sayang dan semua jadi sia-sia jika kita terus mendengarkan perkataan orang yang tidak tau kejadian yang sebenarnya, oleh karena itu percaya dirilah jika kita sudah melakukan yang terbaik.

Pesan dari cerita Dongeng Anak adalah : Apabila kita sudah yakin dengan tujuan kita, maka kita harus fokus pada tujuan tersebut. Jangan mudah tergoyahkan dengan pendapat orang lain, karena kita akan dibuat bingung sendiri karenanya.

Dongeng Lainnya . . . .

0 Response to "Cerita Dongeng Anak Ayah dan Keledai"

Posting Komentar