Cerita Dongeng Anak Angsa Bertelur Emas

Assalamu'alaikum warahmatullah, Banyak orang-orang yang berkumpul di sebuah toko penjual telur di sebuah pasar sebuah desa. Yang berada di luar toko ingin maju masuk ke dalam, sedangkan yang di dalam toko ingin lebih dekat lagi ke depan meja. Mereka datang dari berbagai penjuru negeri karena mendengar ada sebuah angsa yang bisa bertelur emas, mereka ingin melihatnya secara langsung dengan mata kepala sendiri. Dan kemudian di depan para orang-orang yang berkumpul hal ajaib itu terjadi sesuatu yang mereka dengar. Di atas meja berkilauan karena terkena sinar matahari, tergeletak sebuah telur emas yang sangat indah!

Mereka menggenggam erat-erat uang mereka, dahi dan tangan mereka sampai berkeringat, dan mereka mengacung- acungkan tangannya seraya berkata ingin membeli telur emas itu. Tapi walaupun si pedagang sangat senang dan dia bersemangat karena bisa menjual telur emas yang mahal itu, tetapi pedagang hanya bisa menjual satu telur emas sehari karena angsanya itu hanya bisa bertelur sehari sekali, yang lain terpaksa menunggu untuk keesokan harinya.
Ilustrasi Angsa Bertelur Emas +Flickr

Pedagang itu benar-benar tidak puas dengan angsanya yang hanya bisa bertelur satu kali sehari, dia ingin segera punya banyak telur emas dan menjualnya. Lalu terlintas dalam benaknya sebuah cara untuk mendapatkan banyak telur emas, Pedagang yang rakus itu berencana akan membunuh si Angsa! Ia akan mengambil semua telur yang berada di dalam tubuhnya sekaligus. Dia sudah tidak sabar ingin segera cepat mendapatkan uang dan kaya.

Lihat website katapengertian.com untuk lebih menambah wawasan anda.

Para pembeli bersorak gembira ketika si pedagang mengumumkan rencananya pada mereka. Kemudian dengan hati-hati dia menyembelih angsa dan mencari-cari telur yang berada di dalam tubuhnya. Orang-orang menahan nafasnya. "Dia menyembelih burungnya!" orang-orang bergumam dengan kebingungan.

Lalu ada seorang nenek tua yang berkata dengan bijak, 'Ya, dan dia telah melakukan kesalahan yang besar! Kalian semua akan melihat angsa itu sekarang hanyalah seekor burung biasa. Tentu saja karena ia sudah mati.'

Dan perkataan seorang nenek tua itu ternyata benar terjadi di sana berbaring seekor angsa yang cantik, yang sudah mati tapi tak ada sebutir telur pun terletak di dalam tubuhnya. Sekarang angsa itu hanya berguna untuk jadi angsa panggang. 'Dia sudah membunuh angsa yang memberinya telur emas!' seorang peternak berkata sedih. Orang-orang pun meninggalkan toko pedagang itu dan berjalan pulang, dan si pedagang pun sangat menyesal dengan perbuatan yang di lakukannya tersebut. (Tamat)

Baca Juga: Cerita Dongeng Anak Petani dan Burung Bangau

Demikianlah cerita dongeng anak yang telah kami hadirkan untuk anda semoga bisa menjadi pengingat tentang perbuatan kita yang berlebih lebihan itu akan membuat kita terlena dan mengambil jalan yang salah.
Pesan dari Cerita Dongeng Anak ini adalah : Jangan rakus! Jangan tamak, Suka mengambil jalan instan dan serakah!

Dongeng Lainnya . . . .

0 Response to "Cerita Dongeng Anak Angsa Bertelur Emas"

Posting Komentar